WELCOME

Senin, 01 Oktober 2012

NUZUL ALQUR'AN


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Tidaklah tersembunyi bagi siapapun juga bahwa tiap-tiap sesuatu dan ada kadarnya. Demikianlah sunnatullah didalam alam ini. Sejarah adalah saksi yang benar menetapkan kebenaran ini. Seseorang ahli sejarah yang hendak menggali sesuatu dari perkembangan sejarah harus mengetahui sebab-sebab kejadian dan pendorong-pendorongnya, jika dia ingin mengetahui hakikat sejarah itu sebenaranya, bukan sejarah saja yang memerlukan hal demikian, ilmu-ilmu tabi’at, ilmu-ilmu kemasyarakatan dan kebudayaan serta kesusastraan juga memerlukan sebab dan musabab.
Turunnya AlQur’an merupakan suatu kejadian yang sangat mengagetkan sekaligus menggembirakan hati Rasulullah SAW. Sebagaimana turunnya Surat Al-‘alaq(ayat:1-5), Nabi Muhammad SAW  dalam menerimanya sangatlah berat karena karena diturunkan lewat perantara malaikat jibril sesosok yang membuat Nabi SAW ketakutan. Saat malaikat jibril menyampaikan wahyu tersebut, Rasullullah juga merasa keberatan karena tidak bisa melaksakan apa yang diperintah malaikat jibril. Tetapi setelah berkali-kali malaikat jibril mengulang akhirnya Rasullah SAW dapat menerimanya. Begitupun saat menerima ayat-ayat yang lain, Rasulullah selalu merasa ketakutan dengan segala sesuatu yang mengiringi ayat-ayat tersebut.
Begitu sulitnya Rasulullah dalam menerima wahyu membuktikan kalau peristiwa turunnya Al Qur’an merupakan suatu kejadian yang sangat luar biasa dan juga merupakan suatu . Dengan turunnya Al Qur’an berarti banyak hal yang perlu dikaji lebih mendalam lagi, baik dari segi sebab-sebab turunnya atau yang sering disebut Asbabun Nuzul maupun proses turunnya Al Qur’an itu sendiri.
Dalam Makalah ini pembahasannya hanya terkait tentang proses turunnya Al Qur’an saja atau yang sering disebut ilmu nuzulul Qur’an. Dengan mempelajari pembahasan masalah tersebut akan diketahui bagaimana arti sebenarnya  nuzulul Qur’an itu sendiri, bagaimana tahapan-tahapan turunnya ayat-ayat tersebut, serta bagaimana bisa ayat-ayat tersebut diturunkan di Makkah maupun di Madinah.
B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka kami akan merumuskan isi daripada makalah kami ini sebagai berikut :
1.      Apa pengertian Nuzulul Qur’an dan tahap turunnya?
2.      Bagaimana cara turun Al-Qur’an kepada Rasulullah Saw?
3.      Apa hikmah di turunkannya Al Qur’an secara sekaligus ke langit dunia serta berangsur-angsur kepada Rasullah ?

C.    Tujuan Penulisan
Tujuan merupakan arah terakhir dari suatu kegiatan, tanpa tujuan yang telah ditentukan sebelumnya makalah ini tidak akan sampai pada tujuan. Adapun tujuan penyusunan makalah ini adalah :
  1. Untuk memenuhi tugas mata kuliah Materi Pendidikan Al-Qur’an dan Ilmu Hadits
  2. Dengan mempelajari dan memahami bahan makalah ini yakni tentang masalah Nuzul Al-Qur’an maka diharapkan kita bisa memahami apa maksud Nuzul Al-Qur’an tersebut, serta mengetahui hikmah dibalik turunnya Al-Qur’an secara berangsung-angsur.
D.    Metode Penulisam
Adapun metode kami dalam menyempurnakan isi makalah ini dengan berbagai cara yang paling utama adalah dengan metode kepustakaan serta dengan cara mengakses Internet dalam website yang bisa dipertanggungjawabkan. Selengkapnya...Klik

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Jangan Lupa Tinggalkan Koment yaaaa...!!! _^-^_